Qhiey's Teritory

Langkah Pelaksanaan SPI

Posted on: October 29, 2010

Langkah pelaksanaan SPI

Secara umum dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Orientasi

Dimana langkah ini digunakan untuk membina suasana atau ikli, pembalajaran yang responsif. Pada langkah ini guru merangsang dan mengajak siswa untuk memecahkan masalah. Langkah orientasi ini merupakan langkanh yang sangat penting.

Beberapa hal yang dapat dilakukan dalam tahapan orientasi :

  • Menjelaskan topik, tujuan, dan hasil belajar yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa
  • Menjelaskan pokok-pokok kegiatan yangyang harus dilakukan siswa untuk mencapai tujuan
  • Menjelaskan penting nya topik dan kegiatan belajar, agar siswa termotivasi untuk belajar.
  1. Merumuskan masalah

Merupakan langkah membawa siswa pada suatu persoalan yang mengandung teka-teki,  dimana persoalan tersebut menantang siswa untuk berfikir memecahkannya. Oleh sebab itu dalam proses ini siswa akan memperoleh pengalaman yang sangat berharga sebagai upaya mengembangkan mental melalui proses berfikir.

Beberapa hal yang yang harus diperhatikan dalam merumuskan masalah :

  • Masalah hendaknya dirumuskan sendiri oleh siswa, dimana guru hanya memberikan topic yang akan dipelajari.
  • Masalah yang dikaji adalah masalah yang mengandung teka-teki dengan jawaban yang pasti.
  • Konsep-konsep dalam masalah adalah konsep-konsep yang sudah dipahami oleh siswa.
  1. Mermuskan hipotesis

Hipotesis adalah jawaban sementara dari suatu permasalahan yang sedang dikaji, dan hipotesis ini  harus diuji kebenarannya. untuk mengembangkan kemampuan berhipotesis (menebak ) siswa adlah dengan mengajukan berbagai pertanyaan yang dapat mendorong siswa untuk merumuskan jawaban sementara atau bahaka dapat merumuskan bervagai kemungkinanjawaban dari suatu permasalahan yang di kaji. Perkiraan sebagai hipotesis harus memiliki landasan pemikiran yang kokoh, hingga hipotesis tersebut bersifat logis dan rasional.

  1. Mengumpulkan data

Adlah kegiatan menjaring atau mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk menguji hipotesis yang diajukan. Dalam proses inkuiri ini mengumpulkan data merupakan proses mental yang sangat penting dalam mengembangkan intelelktual. Masalah yang sering terjadi disini adalah siswa tidak apresiatif terhadap pokok permasalahan. Tidak apresiatif biasanya ditunjukkan dengan kurangnya gairah dalam belajar.

  1. Menguji hipotesis

Disini merupakan proses menentukan jawaban yang dianggapditerima sesuai dengan data atau informasi yang diperoleh berdasarkan pengumpulan data. Yang terpenting adalah menemukan keyakinan siswa atas jawaban yang diberikan. Disamping itu juga berarti mengembangkan kemampuan berfikir rasional, artinya, kebenaran jawaban bukan hanya berdasarkan argumentasi melainkan harus didukung oleh data yang ditemukan dan dapat dipertanggung jawabkan.

  1. Merumuskan kesimpulan

Proses mendiskripsikan temuan yang diperoleh berdsarkan hasil pengujian hipotesis. Untuk mencapai kesimpulan yang akurat, guru hendaknya menunjukkan data mana yang relevan.

Strategi pembelajaran inkuiri social

Pada awalnya banyak diterapkan dalam ilmu-ilmu alam ( natural science ). Namun para ahli ilmu social mengadopsi strategi inkuiri yang kemudian disebut dengan inkuiri social. Hal ini diasumsikan pentingnya pembelajaran IPS pada masyarakat semakin cepat berubah, seperti yang dikemukakan oleh Robert A. Walkins ( 1990: 85 ).

Terjadinya ledakan pengetahuan, menuntut perubahan pola pengajar ddari yang hanya sekedar mengingat fakta yang telah biasa dilakukan melalui strtegi pembelajaran yang tidak dapat mengolah  pola tradisional sehingga menjadi pengembangan kemampuan  berfikir kritis.strategi pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berfikiritu adalah strategi inkuiri  social.

Ada tiga karakteristik pengembangan strtegi inkuiri social.

  • Adanya aspek ( masalah ) social dalam kelas yang dianggap penting  dan dapat mendorong terciptanya diskusi kelas.
  • Adanya rumusan hipotesis sebagai focus untuk inkuiri.
  • Penggunaan fakta sebagai pengjian hipotesis

Dari karakteristik ini maka tampak inkuiri social tidak berbeda dengan inkuiri pada umumnya. Perbedaannya terletak pada masalah yang dikaji adalah masalah-masalah social atau kehidupan masyarakat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Chat wiTh me

Qyu Qhiey =QQ=

Makasiiih udah berkunjung ke bLog saya ini, semoga bermanfaat bagi pembaca semua,, bagi yang ingin menyun ting isi blog ini dipersilahkan namun dengan syarat harus meninggalkan comment d postingan yang d kutip,, terima kasiih,,,

Blog Stats

  • 61,256 hits
October 2010
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Categories

%d bloggers like this: