Qhiey's Teritory

Contoh Naskah Uraian (Radio)

Posted on: September 27, 2010

IDENTITAS NASKAH PROGRAM

TOPIK                          : PENGELOLAAN SAMPAH

SASARAN                     : Masyarakat Umum

DURASI                        : 20 menit

FORMAT PROGRAM   : Uraian

TUJUAN                       : Mengetahui cara pengelolaan sampah yang baik dan benar sehingga

bisa memanfaatkan material – material sampah tersebut agar

menjadi sesuatu yang berguna.

SINOPSIS                      : Sampah merupakan sesuatu yang tidak bias lepas dari kehidupan

kita. Ada  beberapa cara pengelolaan sampah yang dikenal seperti

penimbunan, pembakaran dan pendaur ulangan. Dengan adanya

pengelolaan sampah maka akan mendatangkan manfaat dan

keuntungan bagi kita semua.

NASKAH AUDIO

NO. PELAKU / MUSIK / FX AUDIO
01. MUSIK IN-UP-DOWN-UNDER
02. ANNC Hai sahabat muda semua. Alangkah asyiknya jika di minggu sore yang cerah ini istirahat santai sobat semua ditemani radio pendidikan yang dikelola oleh jurusan Teknologi Pendidikan.
03. MUSIK UP-DOWN-UNDER
04. NARATOR Ass.wr.wb. Salam sejahtera untuk sahabat muda semua. Bertemu lagi dengan saya QQ Alyuzra dalam acara kesayangan kita Teenagers VS Environmet. Topik kita hari ini berhubungan dengan sampah atau lebih tepatnya mengenai pengelolaan sampah.
05. MUSIK UP-DOWN-UNDER
06. NARATOR Oke sahabat muda dimanapun berada, pengelolaan sampah ini bertujuan agar dampak negative dari sampah bias berganti dengan dampak positif. Contohnya perca – perca kain yang sudah tidak terpakai lagi bias dikelola untuk menjadi accessories cantik seperti bros, tas, dan lain sebagainya.
07. MUSIK UP-DOWN-UNDER
08. NARATOR Sahabat muda pasti tahu kalau setiap hal yang kita lakukan pasti mendatangkan sampah. Saat kita membeli permen, bungkusnya pasti dibuang. Dan terkadang karena ukurannya yang kecil, kita melemparnya kesembarang tempat. Coba sahabat muda bayangkan jika disuatu kota yang berpenduduk satu juta jiwa membuang bungkus permen masing – masing satu saja, apa yang akan terjadi? Yang terbayang pastilah tunpukan bungkus permen yang pastinya merupakan sumber penyakit. Belum lagi berbagai macam sampah lainnya yang kita hasilkan setiap harinya. Bias dibayangkan akibat buruk yang akan dimunculkan oleh sampah – sampah yang tidak dikelola tersebut.
09. MUSIK UP-DOWN-UNDER
10. NARATOR Nah, sahabat muda semua ada berbagai macam cara untuk mengelola sampah – sampah tersebut, yaitu penimbunan, pembakaran dan pendaur ulangan.
11. MUSIK UP-DOWN-UNDER
12. NARATOR Penimbunan sampah ini biasanya dilakukan di tempat – tempat yang sudah ditinggalkan oleh penduduk, seperti lubang bekas pertambangan. Namun jika tempat ini tidak dikelola dengan baik atau kedalaman lubang ini tidak mencapai titik aman, maka hal ini akan menimbulkan masalah lingkungan lagi. Misalnya lubang tempat penimbunan sampah tersebut sangat dangkal, maka nantinya daerah tersebut akan tetap berbau sampah karena posisi sampah masih dekat dengan tanah yang menimbunnya. Apalagi bagi kita yang kebetulan tinggal didaerah tersebut pasti akan mencium bau tak sedap itu sehingga mengganggu pernafasan kita. Namun penimbunan ini akan menghasilkan kompos yang berguna bagi tanah. Dengan adanya kompos yang terbentuk secara alami, maka kita tidak perlu lagi membeli pupuk untuk menyuburkan tanah.
13. MUSIK UP-DOWN-UNDER
14. NARATOR Cara kedua untuk mengelola sampah adalah dengan cara pembakaran. Biasanya ini dilakukan untuk sampah – sampah yang dihasilkan oleh industry besar atau untuk sampah berbahaya seperti sampah medis. Dengan dibakar, maka sampah – sampah tersebut bisa mendatangkan energy panas, uap atau listrik. Namun sayang, asap yang dihasilkan oleh pembakaran ini akan mendatangkan dioxin yang nantinya akan menggangu daerah  sekitar pembakaran. Dioxin ini merupakan suatu zat berbahaya yang biasa kita sebut racun.
15. MUSIK UP-DOWN-UNDER
16. NARATOR Sahabat muda sekalian, metode ketiga sekaligus metode terakhir yang akan kita bahas sore ini adalah metode yang paling banyak kita temui, yaitu metode daur ulang.
17. MUSIK UP-DOWN-UNDER
18. NARATOR Metode ini adalah metode paling baik.. Sobat tahu kenapa metode daur ulang ini dikatakan paling baik? Karena selain mengurangi sampah, hal ini juga meningkatkan kreatifitas kita. Barang – barang yang seharusnya menjadi sampah akan menjadi suatu benda berguna yang bernilai jual jika kita bisa menegelolanya dengan imajinasi dan kreatifitas kita.
19. MUSIK UP-DOWN-UNDER
20. NARATOR Nah sobat semua, ternyata untuk mengelola sampah itu tidaklah sulit, kita hanya perlu mengikuti cara yang ada, menibunnya, membakar, atau mungkin mendaur ulangnya. Tapi alangkah baiknya jika kita sebagai masyarakat muda penerus bangsa bisa meenjaga kelestarian alam dengan mengelola sampah – sampah disekitar kita. Jika sobat semua mempunyai daya imajinasi dan kreatifitas serta keinginan yang tinggi, apa salahnya jika mencoba untuk mendaur ulangnya. Siapa tahu, suatu hari nanti karya – karya sobat semua akan mendatangkan keuntungan bagi sobat sendiri. Selain mengurangi sampah dan mengembangkan kreatifitas, sobat juga bisa mendapat penghasilan yang lumayan dari karya sobat semua. Karena segala sesuatu yang dibuat dengan kreatifitas akan mendatangkan harga yang memuaskan.
21. MUSIK UP-DOWN-UNDER
22. NARATOR Baiklah sobat muda sekalian, demikianlah uraian singkat mengenai pengelolaan sampah. Sampai jumpa lagi di acara teenager VS Environment minggu depan dengan topic yang lebih menarik lagi. Saya QQ Alyuzra undur diri dari ruang dengar sobat semua. Wassalamualaikum Wr.Wb
23. MUSIK UP-DOWN-UNDER
24 

.

ANNC Baiklah pendengar dimana pun anda berada, sampai disini  siaran radio pendidikan yang disiarkan lansung dari jurusan teknologi Pendidikan UNP menemani istirahat santai saudara sekalian. Selamat menikmati minggu sore yang cerah ini dan sampai jumpa.
25. MUSIK UP-DOWN -OUT

7 Responses to "Contoh Naskah Uraian (Radio)"

Rudy is the greatest🙂

Warmest regards,
Kelvin

mbak, Izin buat referensi yaah. salam kenal mbak. aku eva😀

makasih atas referensi.a kak🙂

iya…
semoga bermanfaat

mb izin buat referensi yah hehe

iya, silahkan .. semoga bermanfaat yaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Chat wiTh me

Qyu Qhiey =QQ=

Makasiiih udah berkunjung ke bLog saya ini, semoga bermanfaat bagi pembaca semua,, bagi yang ingin menyun ting isi blog ini dipersilahkan namun dengan syarat harus meninggalkan comment d postingan yang d kutip,, terima kasiih,,,

Blog Stats

  • 61,256 hits
September 2010
M T W T F S S
« Jul   Oct »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Categories

%d bloggers like this: