Qhiey's Teritory

Contoh naskah Percakapan (Audio/Radio)

Posted on: September 27, 2010

Nah, buat teman2 teknologi pendidikan yang lagi pada bngung nyari contoh naskah percakapan,,

ne QQ punya contohnya,, moga bermanfaat,, ^^

IDENTITAS PROGRAM

Mata pelajaran                         : Biologi

Kelas/ Semester                       : IX SMP/I dan XI SMA/ II

Pokok Bahasan                       : Sistem Reproduksi Tumbuhan

Tujuan Pembelajaran Umum   : siswa dapat menjelaskan Memahami reproduksi seksual pada tumbuhan, Menjelaskan bagian-bagian bunga, Menyebutkan variasi macam bunga.

Format Penyajian                    : Percakapan

Durasi                                      : 20 – 30 menit

Pelaku Pemain                         :    –     Suci

–       Mama

–          Rio

–          Pak Surya

–          Mitha

–          Papa

Penulis                                    : Rizki Al Yusra

Sinopsis           : Naskah ini menceritakan tentang kakak beradik

yang ingin mengetahui tentang “Reproduksi pada

Tumbuha

Treatment

Mitha menceritakan kepada Suci bahwa ia kemarin liburan dengan keluarganya ke perkebunan bunga, ia menceritakan bahwa disana terdapat berbagai macam bunga yang indah dan cantik-cantik. Karena penasaran Suci mengajak keluarganya untuk berlibur ke kebun bunga besok. Suci berhasil membujuk keluarganya, dan berencana untuk mengisi liburan ke kebun bunga.

Besok harinya, saat sedang melihat-lihat bunga yang indah, Rio dan Suci melihat seorang bapak yang sedang memperhatikan bunga, rupanya dia adalah bapak Surya pemilik kebun bunga tersebut. Ia menjelaskan kepada Rio dan Suci tentang bagaimana cara reproduksi tumbuhan.

NASKAH AUDIO

NO. Pelaku/ Musik/ FX Audio
Musik Pembukaan : IN – UP – DOWN – UNDER
ANNC Saudara Pendengar, inilah Radio Pendidikan yang dikelola oleh Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Siaran ini ditujukan kepada Siswa Sekolah SMP dan SMA diseluruh Nusantara.

Musik Sisipan UP – DOWN – OUT
NARATOR Selamat berjumpa Para Pendengar Semuanya! Pada kesempatan ini kami akan menyajikan Mata Pelajaran BIOLOGI dengan pokok bahasan “Reproduksi Seksual pada Tumbuhan”.
Musik Sisipan IN – UP – DOWN – OUT
NARATOR Setelah mengikuti program ini diharapkan siswa  dapat:

v  Memahami reproduksi seksual pada tumbuhan.

v  Menjelaskan bagian-bagian bunga.

v  Menyebutkan variasi macam bunga.

FX SUARA LANGKAH KAKI
Mitha Kemarin aku diajak sama Mama lho, ke kebun bunga, bunganya cantik-cantik. Ada bunga mawar, melati, banyek deh pokoknya.
Suci Asyik donk, memang ada bunga apa saja?
10. Mitha bunganya cantik-cantik. Ada bunga mawar, melati, banyek deh pokoknya.
11. Suci Nanti deh aku coba ajak Mama dulu.
12. Mitha Aku mau ke toko itu dulu ya, mo beli pesanan Mama. Sampai ketemu besok ya, da… da…
13. Suci Da… da…
14. Musik sisipan UP – UNDER – OUT
15. FX SUARA TV YANG SEDANG MENYALA
16. Rio Ada apa sih, dek? Kok baru pulang mukanya Sudah masam gitu!
17. Suci Iya nih Kak. Besokan hari minggu masa di rumah terus sih Kak.
18. Rio Kakak juga bosan nih. Memang kamu ada ide kemana buat besok?
19. Suci Gimana kalau ke kebun bunga Kak? Kata si Mitha ada bunga-bunga cantik di sana.
20. Rio Kita ajak Mama dan Papa yuk ke sana.
21. Suci Ayo lah Kak.
22. FX SUARA LANGKAH KAKI
23. Mama Ada apa nih? Tumben kalian akur!
24. Rio Ini Ma, si Adek mo ngajak ke kebun bunga, katanya bosan di rumah terus hari minggu. Mama sama Papa mau kan?
25. Papa Ide bagus tuh, Papa juga tidak ada acara besok. Kalian besok bagun pagi ya!
26. Rio dan Suci Siip… deh
27. Musi sisipan UP – UNDER – OUT
28. Rio Cepatan dek… Kita sudah siap nih…
29. Suci Iya… iya…
30. FX BUNYI MENUTUP MOBIL DAN SUARA MOBIL YANG AKAN BERJALAN
31. Suci Cepatan Pa, bawa mobilnya sudah tidak sabar nih lihat bunganya.
32. Papa Iya… iya…
33. Musik Sisipan UP – UNDER – OUT
34. FX SUARA KICAUAN BURUNG
35. Mama Papa sama Mama mau ke sana dulu ya… kalau kalian mau jalan-jalan jagan jauh-jauh ya.
36. Rio Iya Ma, biar adek kakak yang jagain.
37. Suci Kita keliling kebunnya yuk Kak. Di sana bunganya cantik-canti tuh.
38. Rio Kita ke sana saja ya.
39. FX SUARA LANGKAH KAKI
40. Suci Kak… kak… bapak itu sedang apa ya?
41. Rio Kita Tanya saja ya.
42. Suci Sedang apa Pak?
43. Pak Surya Ini bapak sedang menyebar benih bunga baru.
44. Rio Ooo… gitu. Oh iya lupa kenalin Pak, saya Rio dan ini adek saya, Suci.
45. Pak Surya Kenalin saya Pak Surya, saya pemilik kebun bunga ini. Suci dan Rio nih kelas berapa?
46. Suci Saya kelas 3 SD Pak!
47. Rio Kalau saya kelas 3 SMA.
48. Pak Surya Kalau ada pertanyaan tentang bunga jangan sungkan-sungkan, silahkan kalian bertanya kepada bapak ya.
49. Suci Itu Pak, tumbuhan itu perkembangbiakan bunga itu bagaimana sih Pak?
50. Pak Surya Ooo… gitu.

Kalian tahu tidak tumbuhan ini.

51. Rio Iya Pak, itukan tumbuhan paku, taumbuhan paku itu kan berkembangbiaknya dengan pembentukan spora, iya kan Pak?
52. Pak Surya Iya, di rumah kalian ada pohon pisang, tidak?
53. Suci Ada Pak, kalau pisang aku tahu, pasti berkembangbiak lewat tunaskan?
54. Pak Surya Pisang berkembangbiak lewat tunas ketiak, yang tumbuh pada buku batang di bagian bawah.
55. Suci Berarti kentang berkembangbiak sama kayak pisang ya, Pak?
56. Pak Surya Bukan, kalau kentang berkembangbiaknya melalui umbi batang. Kentang itu merupakan batang yang mengembung yang mengandung cadangan makanan. Pada umbi ini terdapat calon tunas dan akan tumbuh bila umbi ini ditanam.

Ada lagi tumbuhan yang berkembangbiak melalui umbinya yaitu bawang merah dan bunga dahlia, kalau bawang merah itu berkembangbiak melalui umbi lapis, kalau umbi akar berkembangbiak melalui umbi akar.

57. Suci Beranti tumbuhan itu berkembangbiak lewat tunas, umbi akar, umbi batang dan umbi akar. Ada yang lain tidak?
58. Rio Masih banyak dek, ada tunas edventif pada tumbuhan cocor bebek, ada rizoma pada lengkuas, trus ada geragi pad tumbuhan stroberi itu.
59. Pak Surya Kalian anak-anak pintar ya, kita ke sana yuk, disana anak yang sedang memetik bunga.
60. Suci dan Rio Ayo…
61. FX SUARA LANGKAH KAKI
62. Suci Wah… bunganya bagus sekali ya, kak!
63. Rio Iya ni dek, ini namanya bunga apa ya Pak?
64. Pak Surya Ini namanya bunga kembang sepatu, kamu suka Suci?
65. Suci Iya, Pak!
66. FX BUNYI GUNTING YANG SEDANG MEMOTONG
67. Pak Surya Ini, Suci!
68. Suci Terima kasih ya, Pak!
69. Pak Surya Kalian tahu tidak bagian-bagian bunga?
70. Suci Saya tahunya Cuma kelopak dan mahkota saja, Pak! Warna mahkotanya itu loh Pak, cantik sekali!
71. Pak Surya Saat masih kuncup, kelopak bunga berfungsi sebagai pelindung bunga. Kalau  bunga itu berfungsi sebagai penarik serangga penyerbuk. Mahkota bunga juga berfungsi sebagai pelindung benang sari dan putik, dan sebagai tempat hingga serangga yang akan menghisap madu.

Kamu tahu tidak, Rio fungsi benang sari dan putik?

72. Rio Tahu, Pak!

Benang sari itu terdiri dari kepala sari dan tangkai sari. Kalau putik terdiri dari kepala putik, tangkai putik, dan bakal buah. Benang sari merupakan alat kelamin jantan sedangkan putik merupakan alat kelamin betina.

73. Suci Tumbuhan berkembangbiak ada melalui alat kelamin dan tidak melalui alat kelamin, Pak?
74. Pak Surya Benar, kalau melalui alat kelamin disebut perkembangbiakan seksual, sedangkan tidak melalui alat kelamin disebut aseksual.
75. Suci Pak… Pak… bunga padi itu kok tidak memiliki mahkota ya, berbeda dengan bunga kembang sepatu itu!
76. Pak Surya Bunga itu dapat dikelompokkan berdasarkan kelengkapan bagian bunga atau berdasarkan kelengkapan kelamin bunga.

Kalau berdasarkan alat kelengkapan bagian bunga, bunga dapat dibedakan atas bunga lengkap dan bunga tidak lengkap. Bunga disebut bunga lengkap jika bunga itu mempunyai kelopak, mahkota, benang sari, dan putik. Apabila tidak memiliki kelopak, mahkota, benang sari, atau putik bunga itu dikatagorikan bunga tidak lengkap. Yang termasuk bunga lengkap missal bunga yang kamu pengang itu, Suci. Kalau bunga tidak lengkap seperti bunga salak.

77. Rio Kalau bunga yang dikelompok ke dalam bunga yang berdasarkan kelengkapan alat kelaminnya apa ya, Pak?
78. Pak Surya Berdasarkan kelengkapan alat kelaminnya, bunga dapat dibedakan atas bunga sempurna dan bungan tidak sempurna.

Bunga sempurna yaitu jika bunga tersebut memiliki dua alat kelamin, yaitu benang sari dan putik. Bunga tidak sempurna tidak sempurna jika hanya memiliki salah satu alat kelamin, hanya mempunyai benang sari atau putik saja. Contoh bunga yang sempurna adalah bunga jambu, sedangkan bunga tidak sempurna seperti bunga pepaya.

79. Suci Banyak juga ya macam-macam bunga, ada bunga lengkap, bunga tidak lengkap, terus ada buka sempurna dan tidak sempurna.
80. FX SUARA LANGKAH KAKI YANG MENDEKAT.
81. Mama Anak-anak sudah siang nih, kita pulang sekarang yuk.
82. Rio dan Suci Iya, Ma! Tunggu sebentar.
83. Mama Maaf ya Pak, anak saya pasti merepotkan Bapak kan?
84. Pak Surya Ah… tidak kok Bu, Rio dan Suci cuma bertanya soal tanaman.
85. Rio Terima kasih ya, Pak! Nanti kita kesini lagi.
86. Pak Surya Sering-sering ya kemari. Ini ada bunga buat Suci oleh-oleh dari Bapak, dirawat ya bunganya.
87. Suci Terima kasih ya, Pak! Bunganya pasti Suci rawat kok, Pak.
88. Mama Mari Pak, kita pulang dulu. Assalammua’laikum.
89. Pak Surya Walaikum salam
90. FX LANGKAH KAKI YANG MENJAUH
91. Suci Ma, nanti aku jadi pengusaha bunga saja ya, Ma.
92. Mama Boleh tapi kamu harus rajin merawat bunga, kalau gitu kamu Mama tes, kalau kamu bisa merawat bunga yang diberikan oleh bapak Surya tadi berarti kamu bisa mejadi pengusaha bunga nantinya.
93. Suci Ok deh, Ma!
94. Rio Aku juga boleh kan Ma?
95. Suci Ih… si kakak tidak kreatif masa cita-citanya juga mau jadi pengusaha bunga sama seperti aku, tidak boleh!
96. Mama Sudah-sudah apa pun yang kalian cita-citakan mama mendukung kok.
97. Musik sisipan IN – UP – UNDER – OUT
98. Narrator Demikianlah anak-anak, sajian kami tentang pelajaran “System Reproduksi Tumbuhan”, semoga adek-adek bisa Memahami reproduksi seksual pada tumbuhan, Menyebutkan variasi macam bung,. Menyebutkan bagian-bagian bunga.
99. ANNC Baik… para pendengar adek-adek yang baik dan senang berhemat, sampai disini perjumpaan kita untuk kali ini, semoga ada manfaatnya bagi kita semua. Sampai jumpa lagi pada acara yang akan datang. Terima kasih pada perhatiannya. Sampai jumpa.
Musik IN – UP – DOWN – OUT

11 Responses to "Contoh naskah Percakapan (Audio/Radio)"

hebat kk QQ mah😀

hahae,, hebat gmana ni….

kakak bsa cariin yg lbih bagus gx

mbak…ajarin dong…bingung ki suruh ngerjain tugas kaya gitu…TT..

bingung kenapa???
bingung nya dimana???

kak,,
q udah buat naskah yg kyk bgtuan ug te2p disalahin dosen na ea???

kak,,
q buat hampir mrip kyk gt ug te2p dslahin dosenna ea???

mungkin salah di pengatturan audionya..sebelumnya pahami dulu apa maksud dari istilah2 audio yg ada,,
penempatannya diperhatikan…
kebanyakan orang2 salah nya disana…

makasih buat contoh.a kak🙂

kiki minta bng yo contoh ko aa ,,oke diak…

kaka yg baikk hati bsa bkinin gk dialog gituh tapi pake b.sunda??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Chat wiTh me

Qyu Qhiey =QQ=

Makasiiih udah berkunjung ke bLog saya ini, semoga bermanfaat bagi pembaca semua,, bagi yang ingin menyun ting isi blog ini dipersilahkan namun dengan syarat harus meninggalkan comment d postingan yang d kutip,, terima kasiih,,,

Blog Stats

  • 61,256 hits
September 2010
M T W T F S S
« Jul   Oct »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Categories

%d bloggers like this: